Saturday, October 17, 2009

Mengubah Atau Mempercantik Fasad Bangunan?


Banyak orang yang ingin rumahnya berbeda; indah. Pemikiran ini yang menyebabkan sejumlah pemilik rumah yang telah membeli rumah dari pengembang perumahan mempunyai keinginan merubah fasad bangunan dan bagi beberapa arsitek, fasad bangunan merupakan godaan untuk menunjukan "jati diri" nya.
Ada beberapa pertimbangan dalam menata fasad:
Apakah fasad yang ada masih indah? sehingga hanya diperlukan sedikit 'make up" untuk mempercantiknya atau memang diperlukan untuk merubah fasad karena esensi dan konsepnya berbeda.
Alasan ini yang kemudian dikembangkan dan ditelusuri lebih lanjut :
1. Jika hanya mempercantik fasad bisa dilakukan dengan memberi sentuhan pada detail- detail supaya nampak indah dan harmoni dengan lingkungan.
contoh foto yang ada; mempercantik fasad tidak dilakukan dengan cara melapisi teras dengan batu alam; atau tidak dengan memberikan cat warna yang terlalu menyolok; tidak merubah bentuk ; tetapi mempercantik fasad melalui warna yang harmoni dengan alam (dalam hal ini dipilih hijau cement) yang dipadukan dengan sentuhan taman untuk diexpose melaui frame pagar kaca, supaya fasad dan taman depan dapat dinikmati dari luar bangunan.
Tips mempercantik fasad : kita seringkali tergoda untuk memberikan aksen pada semua fasad bangunan sehingga masing- masing detail fasad terkesan ' berbicara' sendiri- sendiri : ' ini aku'.
Salah satu tips mempercantik fasad adalah memberikan nilai/konsep dari sesuatu untuk dikomunikasikan- tidak harus semua fasad penuh dengan detail. Foto diatas : Fasad bangunan hanya diwarna dengan warna natural tanpa melapisi dengan detail apapun; tetapi kita padukan dengan hijaunya taman yang dapat diekspose dengan pagar kaca dari luar tanpa membuat taman lagi di sisi luar rumah.
2. jika memang diperlukan untuk merubah fasad; alasan dan konsep mengapa kita merubahnya dapat digali menjadi ide dasar dalam mendesain fasad yang ada.

No comments:

Post a Comment